Juara Liga 1, Mungkinkah PSM Makassar Bersua Cristiano Ronaldo di Liga Champions Asia?

PSM Makassar berhasil menjadi juara Liga 1 lebih cepat. Sayangnya, Juku Eja, julukan PSM Makassar terancam tak bisa ikut Liga Champions AFC atau Liga Champions Asia (LCA) sekaligus berpotensi gagal bersua Cristiano Ronaldo bila lolos di babak gugur.

R. Haryo
Sabtu, 01 April 2023 | 15:25 WIB
Juara Liga 1, Mungkinkah PSM Makassar Bersua Cristiano Ronaldo di Liga Champions Asia?
Juara Liga 1, Mungkinkah PSM Makassar Bersua Cristiano Ronaldo di Liga Champions Asia? (Twitter PSM Makassar/ Suara.com)

NTB.Suara.com – PSM Makassar berhasil menjadi juara Liga 1 lebih cepat. Lantas bagaimana peluang Juku Eja, julukan PSM Makassar bersua Cristiano Ronaldo dengan Al-Nassr dalam Liga Champions AFC atau Liga Champions Asia (LCA)?

PSM Makassar menjadi juara BRI Liga 1 musim 2022-2023 setelah Persib Bandung, sebagai tim satu-satunya yang masih punya peluang menyalip PSM Makassar malah kandas dari Persija Jakarta pada Jumat (31/03/2023) pukul 20.30 WIB.

Di sisi lain, PSM Makassar berhasil menekuk tuan rumah Madura United dengan skor 1-3.

Dengan kekalahan Persib Bandung tersebut, maka Persib Bandung hanya menyisakan 3 pertandingan. Saat ini poinnya masih 59. Bila menang seluruh tiga pertandingan sisa pun, hanya bisa mengantongi 68 poin.

Baca Juga:Bukan PSM, Liga 1 Pilih Luis Milla dan Striker Persib Jadi Pemain dan Pelatih Terbaik Edisi Ini

Sedangkan PSM Makassar sebelum berlaga melawan Madura United sudah mengantongi 69 poin dari 31 laga. Laga ke-32 melawan Madura FC membuat poinnya sudah 72.

Maka, kekalahan Persib sudah menjadi kunci bagi PSM Makassar juara. Perolehan juara ini sebagai obat setelah 23 tahun meraih juara Liga Indonesia pada musim 1999-2000.

Sebagai juara Liga 1, bagaimana peluang PSM Makassar bersua Cristiano Ronaldo? Diketahui CR7 saat ini bermain di klub Al Nassr yang berkompetisi di Liga Arab. Sampai saat ini Al Nassr masih berjuang untuk menjadi juara.

Namun, apakah ada peluang PSM Makassar bersua Al Nassr? Peluangnya ada. Tapi seberapa besar peluangnya?

Jalan Terjal di LCA

Baca Juga:Persija Jakarta Geser Persib Bandung, PSM Makassar di Depan Tangga Juara BRI Liga 1

Klub juara Liga 1 2022-2023 tidak akan langsung masuk ke fase grup. Melainkan harus melalui babak Play-off melawan wakil ASEAN, wakil Australia, dan wakil Asia Timur seperti Jepang dan Korea Selatan.

Jika berhasil lolos dari babak Play-off, klub Liga 1 tidak langsung bisa berjumpa Al Nassr dan Cristiano Ronaldo. Sebab, klub Indonesia masuk wilayah timur atau East Zone (Zona Timur). Diketahui, babak grup dibagi zona timur dan barat.

Sedangkan Al Nassr ada di wilayah barat atau West Zone bersama wakil-wakil negara lainnya seperti wilayah Arab hingga India.

Maka, klub Liga 1 baru bisa bersua Al Nassr dan Cristiano Ronaldo jika juara di East Zone. Diketahui, juara di East Zone akan bertemu wakil West Zone. Jangankan juara East Zone, lolos babak pla off saja sudah susah.

Walau begitu, ada kabar pada musim 2024/2025, AFC bakal ubat format. Juara Liga 1 akan mendapat jatah langsung di babak grup LCA 2024/2025 akibat gagalnya Korea Utara memenuhi lisensi.

Sayang, melihat Footy Ranking, kompetisi Liga 1 hanya berada di peringkat ke-26, sehingga tak mendapat jatah apa pun di Liga Champions Asia, melainkan hanya mendapat jatah di AFC Asian Cup atau Piala AFC, itupun melalui babak Play-off.

Maka, kemungkinan PSM Makassar bersua Cristiano Ronaldo di LCA akan tetap sulit, untuk tidak mengatakan mustahil.

Menunggu Sanksi FIFA

Selain soal peluang PSM Makassar yang tipis untuk bersua Cristiano Ronaldo karena persoalan kualitas tim, zona, aturan AFC, dan kualitas kompetisinya, yang akan bisa menjadi pukulan telak adalah potensi sanksi FIFA setelah Indonesia dicoret dari tuan rumah Piala Dunia U20.

Diketahui, FIFA coret Indonesia dari tuan rumah Piala Dunia U20 karena setelah munculnya penolakan dari dua gubernur, partai politik, hingga ormas.

Klub yang dilatih Bernardo Tavarez ini terancam tidak bisa ikut Liga Champions Asia jika FIFA memberi sanksi banned terhadap PSSI dan seluruh pertandingan timnas maupun klub Indonesia di kancah internasional.

“Sanksi terberat, tentu ini yang kita tidak harapkan kalau kita tidak bisa ikut kompetisi secara maksimal di seluruh dunia, sebagai tim nasional ataupun sebagai klub. Juga ini akan menjadi sebuah kemunduran sepak bola Indonesia," beber Erick.

Sinyal Indonesia mendapat sanksi dari FIFA ini juga sudah dinyatakan dalam keputusan FIFA saat mencabut Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20.

Jika sanksi banned ini dilakukan FIFA untuk sepak bola Indonesia, maka peluang PSM Makassar untuk bersua Cristiano Ronaldo bisa buyar. (*)

Olahraga

Terkini

Pensiunan pokok Pegawai Negeri Sipil pada golongan III (tiga) mereka akan mulai menerima uang dari Rp 1.560.800 hingga Rp 3.597.800.

News | 13:15 WIB

Joe Biden dianggap memiliki gaya berjalan yang terbilang kaku, hal ini karena keausan yang terjadi pada tulang belakang

News | 13:10 WIB

Pertamina Patra Niaga memberikan kesempatan magang bagi lulusan SMA dan SMK

News | 07:21 WIB

Lowongan kerja Lawson untuk posisi crew store area Yogyakarta dan Jawa Tengah

News | 07:17 WIB

Kabar Jose Mourinho ditunjuk oleh PSSI menjadi pelatih Timnas Indonesia

Olahraga | 21:42 WIB

Inara Rusli berikan kecupan kepada netizen lewat video TikTok

Lifestyle | 21:38 WIB

PT Kereta Cepat Indonesia China membuka lowongan pekerjaan

News | 21:24 WIB

Pensiunan pokok PNS golongan I Mulai Rp1.560.800 - Rp2.014.900

Lifestyle | 11:13 WIB

Dari dulu ia bermimpi menjadi penyanyi sekaligus penulis lagu

Lifestyle | 11:08 WIB

Anies mengaku mendukung Mitch Evans karena merupakan pemenang dari Formula E Jakarta 2022 lalu.

Metropolitan | 18:04 WIB

Anies meyakini Jakpro dan panitia penyelenggara tahun 2024 bisa mengambil keputusan terbaik untuk ajang balap mobil listrik ke depannya.

Metropolitan | 17:50 WIB

Hal ini disampaikan Anies saat menghadiri hari pertama Formula E Jakarta 2023 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (3/6/2023).

Metropolitan | 14:25 WIB

Kepada awak media, eks Gubernur DKI ini mengaku tak diundang hadir ke ajang balap mobil listrik internasional itu.

Metropolitan | 13:39 WIB

Menurut informasi yang diperoleh Suara.com, Anies sengaja untuk membeli tiket guna menyaksikan balap mobil.

Metropolitan | 12:57 WIB

Lina Mukherjee merasa warganet salah kaprah, dan media keliru mengutip pernyataannya.

Gosip | 23:05 WIB

Ferry Maryadi tidak menemukan apa yang salah dengan caranya menunjukkan rasa sayang pada anaknya sendiri.

Gosip | 21:35 WIB

Ada sejumlah alasan yang membuat Raisa hingga kini belum mau mengumbar anaknya di media sosial

Gosip | 21:06 WIB

Dalam foto terlihat Luna Maya mengenakan gun putih, sementara Maxime Bouttier memakai setelan jas dengan dasi kupu-kupu.

Gosip | 20:52 WIB

Kim Seon Ho mengaku gugup bertemu dengan penggemarnya di Indonesia.

Gosip | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak